Monday, October 15, 2012


Kiat untuk Bersemangat Mengawali Hari Anda


Makanlah makanan yang meningkatkan mood Anda
Apakah di pagi hari Anda berkeinginan untuk mengonsumsi minuman berkafein bahkan saat Anda baru menekan tombol “snooze” pada alarm? Berhentilah mengonsumsi kopi dan bangunkan diri Anda dengan cara yang sehat dengan sarapan yang memberi tenaga dan meningkatkan mood. 

Oat merupakan bahan sempurna untuk sarapan yang meningkatkan energi, karena makanan tersebut rendah GI (indeks glikemik), yang berarti bahwa makanan tersebut akan merilis energi dengan lambat, dan stabil untuk menjadi bahan bakar di pagi Anda yang sibuk. Mereka juga kaya akan vitamin B, yang bermanfaat untuk meningkatkan energi dan juga dapat membantu meningkatkan mood Anda. Buah juga merupakan sumber alami energi yang baik dan nutrisi yang penting.

Cobalah sesuatu yang baru

Sarapan, mandi, mengambil kunci, keluar menuju pintu... Pernahkah Anda merasa bahwa aktivitas pagi Anda tersebut seperti lagu lama? Rutinitas pagi hari kita bisa dengan mudah menjadi berulang-ulang, dengan banyak dari kita yang bangun di saat yang bersamaan, makan makanan yang sama dan mengambil rute ke kantor yang sama lagi dan lagi. 

Untuk mengubah pagi Anda dan mencegah rasa bosan, cobalah berhenti sejenak dari rutinitas Anda dan mulai hari Anda dengan sedikit berbeda. Bangun di waktu yang berbeda, melakukan sesuatu dalam pola yang berbeda atau cobalah sarapan, olahraga, alat transportasi atau stasiun radio yang berbeda. Akali rutinitas Anda dan hentikan sejenak rutinitas pagi Anda.

Memanjakan diri Anda

Rutinitas pagi kita sering kali lebih sibuk dibandingkan malam hari kita, seringkali kita gunakan untuk sekadar membersihkan diri, mengisi energi dan bekerja. Namun pagi Anda memberikan sebuah kesempatan yang berharga untuk sedikit waktu untuk diri kita sendiri. 

Mulai hari Anda dengan benar dan buatlah pagi Anda sebagai bagian terbaik dari hari Anda dengan memanfaatkan pagi hari kita untuk melakukan sesuatu yang kita nikmati. Bangunlah lebih awal dan tonton acara TV favorit Anda, buatlah sarapan yang memanjakan diri Anda di tempat tidur, atau ubah cara mandi biasa Anda untuk mandi busa yang mewah. Dengan menghabiskan pagi Anda dengan melakukan sesuatu yang Anda sukai, Anda dapat merasa semangat dan ceria dalam menjalani hari Anda.

Bersantai

Banyak dari pagi kita dihabiskan dengan terburu-buru dalam menyelesaikan sesuatu dalam waktu yang terbatas. Namun, tidak hanya akan menjadi semakin berantkan saat Anda terburu-buru (roti panggang gosong, kehilangan kunci dan menjatuhkan pasta gigi Anda merupakan hal yang sangat umum terjadi di pagi hari kita) namun saat kita panik dan berangkat ke kantor beberapa menit sebelum Anda memulai pekerjaan Anda, merupakan hal yang dapat membuat Anda stres dalam mengawali hari Anda. 

Untuk mengawali hari Anda dengan baik — merasa tenang, percaya diri dan terkendali — cobalah untuk memasang jam alarm Anda sedikit lebih pagi dan siapkan pakaian serta bekal makan siang Anda pada malam sebelumnya, daripada menyiapkan itu semua di waktu yang mepet.

Dengarkan lagu pagi Anda
Musik tidak hanya baik bagi kesehatan fisik manusia (penelitian mengungkapkan bahwa musik dapat memperbaiki sistem imunitas dan kesehatan jantung), namun penelitian juga menemukan bahwa mendengarkan musik dapat mengurangi tingkat stres dan memperbaiki kesehatan mental. 

Untuk membuat hari Anda dimulai dengan sehat dan perasaan yang baik, siapkan daftar lagu di pagi hari untuk didengarkan saat Anda bersiap untuk berangkat kerja atau dalam perjalanan pagi Anda. Baik Anda butuh mengurangi stres, meningkatkan mood atau bersemangat, mendengarkan lagu favorit Anda dapat membuat pagi Anda dimulai dengan awal yang baik.

Gerakkan badan Anda
Kami mengerti hampir kita semua tidak suka bangun pagi sehingga olahraga mungkin akan menjadi hal terakhir yang terlintas dalam benak Anda saat masih meringkuk di dalam selimut. Namun menyempatkan waktu 10 menit untuk olahraga merupakan cara yang baik untuk mengawali hari Anda. Olahraga melepaskan zat kimia yang berkaitan dengan perasaan baik di dalam otak, seperti endorfin dan anandamide, dan juga bisa membuat Anda lebih bertenaga dalam menghadapi hari. 

Meski kata “olahraga” mungkin membuat Anda takut, berolahraga tidak selalu harus dilakukan dengan berat. Carilah sesuatu yang membuat Anda senang, seperti menari sambil mendengarkan lagu favorit atau bersepeda ke tempat kerja, dan jadikan olahraga Anda sebuah bagian yang menyenangkan dalam rutinitas pagi Anda.

Berpikir positif

Jika Anda cenderung mengawali pagi dengan perasaan cemas atau stres tentang hari yang akan Anda jalani, maka inilah saatnya mengubah pola pikir Anda dan mengawali hari dengan catatan yang positif. 

Mengkhawatirkan hari Anda tidak akan memperbaiki keadaan atau mengubahnya menjadi lebih baik, jadi buang jauh kekhawatiran Anda dan cobalah menghabiskan lima menit pertama hari Anda dengan pikiran yang positif dan refleksikan semua hal yang Anda inginkan, mensyukurinya, atau melakukan meditasi yang menenangkan atau tarik napas dalam-dalam. Cara lainnya adalah dengan membaca beberapa kutipan yang inspiratif untuk mengawali hari Anda dengan perasaan positif dan percaya diri.

No comments:

Post a Comment