Tuesday, July 9, 2013

Hobi Minum Susu? Ini Cara yang Benar




REPUBLIKA.CO.ID, Ternyata, ada cara yang tepat untuk minum susu agar lebih bermanfaat untuk kesehatan. Berikut di antaranya:
* Cukup Satu Gelas 
Minumlah minimal segelas susu per hari bagi orang dewasa. Kecenderungan saat ini, orang hanya minum setengah gelas susu dalam satu minggu dan ini memprihatinkan. 
* Susu Sapi 
Jika tidak ada masalah dengan kolesterol, sebaiknya mengkonsumsi susu sapi dibanding susu kedelai. 
* Kadar Gula Tinggi 
Kalsium yang dimiliki susu tidak bisa diserap dengan baik apabila ada dibarengi asupan gula dalam kadar yang tinggi. Karena itu, kalau bisa minum susu tanpa gula, kenapa tidak memulainya? Orang tua juga sebaiknya membiasakan anak-anak untuk mengkonsumsi susu tanpa gula dari sejak dini. 
* Protein Tinggi 
Asupan protein tinggi juga menghambat penyerapan kalsium. Pada masyarakat di negara maju misalnya, resiko osteoporosis tetap tinggi. Padahal konsumsi susu mereka tinggi. Tapi di sisi lain, masyarakat ini juga mengkonsumsi daging yang berprotein tinggi. 
* Susu Cair 
Susu cair tidak perlu dimasak lagi karena sudah melalui proses pasteurisasi. Di mana kuman patogen penyebab penyakit sudah dibuang. Segera simpan susu cair yang sudah dibeli di dalam lemari es, bukan di freezer-nya. Susu adalah makanana yang mudah menyerap bau, karena itu usahakan tidak ada makanan dengan bau menyengat di dalam lemari es. 
* Susu Bubuk 
Sebaiknya diseduh dengan air hangat agar tidak banyak zat gizi yang rusak. Penuangan air yang panas bisa merusak beberapa zat gizi yang dikandung susu. Untuk penyimpanan, tidak harus di dalam kulkas. Cukup menyimpan susu bubuk di tempat kering pada susu kamar. Karena prinsip pengolahan susu bubuk adalah mengurangi air untuk menghambat atau mengurangi proses pembusukan. 
Redaktur : Endah Hapsari

No comments:

Post a Comment